Pendaftaran Ujian Tulis SBMPTN Dimulai 13 Mei 2013

Pendaftaran Ujian Tulis SBMPTN Dimulai 13 Mei 2013 - Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftaran secara daring (online) untuk ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini dimulai pada 13 Mei-7 Juni 2013.

Ujian tertulis SBMPTN berlangsung pada 18-19 Juni 2013 dan pengumuman hasil SBMPTN pada 12 Juli 2013.


Hal tersebut dikemukakan Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN Akhmaloka pada peluncuran SBMPTN 2013 yang diresmikan Mendikbud M Nuh pada Jumat malam (15/3).

Acara tersebut dihadiri para rektor PTN, Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Zaini, Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso, dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nursyam.

SBMPTN tahun ini diikuti 61 PTN ditambah satu IAIN Wali Songo Semarang. Menurut Akhmaloka, untuk memudahkan pelaksanaan SBMPTN, panitia pelaksana bekerja sama dengan Bank Mandiri dan PT Telkom. Untuk menjangkau peserta SBMPTN di daerah, Bank Mandiri bekerja sama PT Pos Indonesia.

Pada tahun ini semua peserta SBMPTN dapat memilih tiga program studi. Kelompok ujian Saintek dapat memilih program studi studi sains dan teknologi.

Kelompok ujian Sosial Humaniora dapat memilih program studi dari kelompok studi Sosial dan Humaniora.

Kelompok ujian Campuran dapat memilih program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok Saintek dan Sosial Humaniora.

Menurut Akhmaloka, basis penilaian lolos SBMPTN pada penilaian ujian tulis. SBMPTN tahun ini dapat diikuti siswa yang lulus UN 2011, 2012, dan 2013.

Dalam sambutan peresmian SBMPTN, Mendikbud M Nuh berpesan agar pimpinan PTN menjaga marwah PTN. "Yang kita bisa jual adalah nilai akademik dan prestasi. Maka, mari kita jaga atmosfer itu," tegasnya.

Selain itu, kata Nuh, PTN mesti menjaga kualitas layanan dengan baik. Ia pun menyambut baik penyelenggaraan SBMPTN.

Menurutnya, pendaftaran daringmerupakan salah satu upaya Kemendikbud meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SBMPTN.

"Melalui SBMPTN calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN mana saja. Ini merupakan bagian dari upaya efisiensi dan optimalisasi," kata Nuh.

Dalam kesempatan itu, Akhmaloka melaporkan dari 1,8 juta siswa kelas XII yang terdaftar pada PDSS SNMPTN 2013, sebanyak 762.690 siswa mendaftar final dan akan diterima sebanyak 135.381 siswa di 61 PTN. (Syarief Oebaidillah

1 komentar:

  1. sangat membantu pak,... jadwal lain sbmptn 2013 bisa dilihat di Jadwal
    www.lolosmasukptn.com/jadwal-sbmptn-2013/

    Untuk Buku Sukses SBMPTN 2013 Bisa dilihat disini
    www.lolosmasukptn.com

    BalasHapus