Siap-siap, SBMPTN Launching 15 Maret 2013!

JAKARTA - Sekira satu minggu lagi, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) akan ditutup. Usai SNMPTN, saatnya para alumni bersiap mendaftarkan diri di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. 


Dilansir laman Ditjen Dikti Kemendikbud, Sabtu (2/3/2013), SBMPTN akan diluncurkan Mendikbud M Nuh pada 15 Maret mendatang. Pada SBMPTN, alumni SMA/sederajat dapat mengikuti ujian tertulis dan keterampilan untuk memperebutkan satu kursi di 62 PTN peserta. 

Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online. Peserta SBMPTN adalah para lulusan SMA/sederajat tahun 2013, 2012, dan 2011.

Meski telah menetapkan tanggal peluncuran SBMPTN 2013, PTN peserta masih membicarakan kuota masing-masing kampus. Jumlah ini akan ditentukan berdasarkan rasio dan mahasiswa, kapasitas ruang kelas dan sebagainya. 

Menurut Bambang, jika satu PTN hanya menyelenggarakan SNMPTN dan SBMPTN, maka komposisi rata-rata nasional penerimaannya 60:40. Sementara itu, porsi penerimaan pada PTN yang menyelenggarakan SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri adalah 50:30:20. 

"Harapan Pak Menteri, daya tampung perguruan tinggi melalui jalur seleksi apa pun naik 10 persen," ujar Bambang. 

Proses pendaftaran SNMPTN 2013 masih berlangsung hingga 8 Maret mendatang. Seleksi akan dilakukan berdasarkan komponen nilai rapor, nilai ujian nasional (UN) dan prestasi peserta SNMPTN 2013 pada 9 Maret – 27 Mei 2013. Hasil SNMPTN 2013 akan diumumkan 28 Mei 2013, sedangkan pendaftaran ulang bagi yang lulus SNMPTN adalah 11-12 Juni 2013.

3 komentar:

  1. semua ptn buka jalur mandiri gak, gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak semua ptn buka jalur mandiri. Contohnya ITB yg thn ini gak ngadain USM ataupun KN. ITB cuma ngadain lewat 2 jalur; SNMPTN sma SBMPTN. Jadi persentase mahasiswa yg keterima di ITB thn ini, SNMPTN : SBMPTN = 60 : 40.
      Buat lbh jelasnya, cek aja http://usm.itb.ac.id/
      Dan kurang tau jga apa msh ada ptn lainnya yg gak ngadain ujian mandiri selain ITB, mungkin yg di bawah bisa nambahin ..

      Hapus
  2. Kalau kita mau daftar SBMPTN, daftarnya dimana, buka link nya apa??? Mohon infonya ya..

    BalasHapus