Berebut Kuota 30 Persen SBMPTN

MAKASSAR, FAJAR -- Mahasiswa baru (maba) yang lulus lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Sulsel sebanyak 6.462 orang. Meski demikian, calon maba (camaba) yang belum tertera namanya pada pengumuman hari ini, jangan berkecil hati.

Masih ada dua jalur tersisa bagi yang berminat masuk PTN. Pembantu Rektor I Bidang Administrasi Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Sofyan Salam mengatakan, dua jalur yang tersisa untuk penerimaan maba adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

SBMPTN digelar serentak di seluruh Indonesia. Pendaftaran jalur ini berakhir pada 7 Juni 2013 mendatang. Ujian akan digelar pada 18 juni. "Jumlah pendaftar telah mencapai angka 4.000 lebih," katanya.

Sofyan menambahkan, UNM menerima maba sekitar 5.000 orang tahun ini.  Dari jumlah tersebut, hanya 30 persen atau sekitar 1.800 orang yang akan diterima melalui jalur SBMPTN.

Wakil Rektor I Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja mengatakan, kuota maba melalui jalur SBMPTN hanya 30 persen dari seluruh maba yang akan diterima. "Yang mendaftar sekitar 5.000 orang," katanya, Senin 27 Mei.

Kepala Bagian Humas Unhas, Iqbal Sultan menambahkan, kuota SBMPTN di Unhas juga hanya 30 persen dari sekitar 5000-an maba yang akan diterima. "Kita juga membuka jalur mandiri dengan kuota 20 persen jumlah maba yang akan diterima," tandasnya. (sam/rif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar