Tips Sukses Ujian SBMPTN 2013

Waktu setelah Ujian Nasional dan menjelang pelaksanaan tes perguruan tinggi memang saat yang paling menegangkan dalam kehidupan siswa SMA. Dari tahun ke tahun peserta yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi semakin banyak. Tahun 2012 lalu ada sebanyak 618.804 siswa SMA yang mengikuti SNMPTN.
Setiap peserta yang mengikuti SBMPTN tentu ingin masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan. Namun banyak peserta yang tidak mengetahui strategi sukses menghadapi SBMPTN 2013.
Kali ini, saya sebagai salah satu penulis paling ‘berkompeten’ akan membeberkan beberapa tips menghadapi ujian SBMPTN.

1. Jangan menembak jawaban

SBMPTN berbeda dengan UN. Bila UN jawaban yang salah tidak dihitung, lain halnya dengan SBMPTN. Satu soal berbeda bobot nilai betul, tidak mengisi dan salah. Bila betul dapat 4 poin, tidak mengisi 0 poin, dan -1 bila salah. Jangan sekali-kali menembak jawaban bila kamu tidak bisa mengerjakan soal tersebut. Lebih baik dikosongkan saja. Hal ini untuk meminimalisir pengurangan nilai.

2. Hindari Kecurangan

Please deh, kamu mau masuk kuliah bukan seleksi jadi tukang nyontek. Jangan pernah menyontek saat ujian. Karena tidak ada ampun buat para pencontek saat ujian SBMPTN. Berbeda dengan UN yang pengawasnya agak longgar, SBMPTN sangat ketat dan mereka tidak memberi peringatan tapi langsung mencoret nama anda. SO, jangan toleh sana-sini, lagian enggak ada juga yang bakal nyontekin.

3. Terus belajar

Meskipun kamu punya bakat bawaan pinter, hal itu tidak akan ada gunanya kalau kamu malas belajar. Untuk memasuki PTN favorit yang kamu impikan, kamu harus terus belajar. Karena di luar sana, ada ribuan orang lain yang punya keinginan yang sama dengan kamu. Satu-satunya cara untuk menang adalah kamu harus belajar dengan volume yang lebih banyak dibanding mereka. Ingatlah “Belajar adalah untuk dirimu sendiri, dan akan jadi bekal buat kehidupanmu nanti. – Albert Einstein”

4. Miliki buku-buku soal lebih dari satu

Setiap buku yang diterbitkan mempunyai keunggulan -keunggulan tersendiri. Maka carilah buku- buku yang bersangkutan dengan SBMPTN atau soal- soal SNMPTN Jalur Tertulis Tahun lalu, dan pelajari semuanya.

5. Perkuat ibadah dan doa

Usaha sekeras apapun kalau belum diijinkan Tuhan ya mangap!. Selain belajar dan berusaha keras, kamu jangan pernah lupa berdoa pada Tuhan minta diberikan jalan yang terbaik. Berdoalah minta yang terbaik untuk masa depanmu, sebab universitas manapun sama, yang penting adalah keinginan kamu untuk menjadi pribadi yang lebih maju dan mau berbuat sesuatu demi bangsa dan negara.

6. Bersikap tenang

Tergesa-gesa dan takut merupakan musuh utama yang harus dikalahkan saat ujian SBMPTN. Jangan pernah merasa gengsi bila lembar jawaban kamu tidak sepenuh teman sebelahmu. Karena bisa jadi orang yang LJK nya penuh itu dia menembak jawaban. Keep Calm dan tetap fokus sama pekerjaan kamu. Yakinlah dengan kemampuanmu sendiri.

7. Perhatikan masalah teknis

Hati-hati dalam mengisi jawaban, tapi yang lebih penting lagi adalah kamu harus lebih berhati-hati dalam mengisi data diri selengkapnya di LJK. Seperti sudah dijelaskan di poin 2, ujian masuk PTN tidak akan ada belas kasihan. Kesalahan sepele bisa menghancurkan impian kamu untuk kuliah di universitas idaman. Jaga agar LJK tidak kotor, rusak, basah,terlipat, bahkan jadi becek karena tetesan keringat! Sayang kah, kalau ‘kecelakaan’ kecil pada lembar jawaban kamu merusak SBMPTN kamu.

8. Survei tempat ujian

Hal ini sebenarnya sepele namun bisa berdampak besar. Kamu sebaiknya mencari tempat duduk kamu di ruang ujian di tempat yang telah disediakan panitia SBMPTN. TIdak mungkin ketika hari H tiba, kamu masih harus sibuk cari ruang ujian. Percayalah! Detik-detik menjelang SBMPTN adalah saat yang menegangkan. Kamu akan lupa banyak hal saking gugupnya. Untuk memimalisir itu kamu harus survei tempat ujian, sebab tidak semua bangku baik kondisinya. Jadi bila kamu sudah mengetahui hal itu beberapa hari sebelumnya, tentu kamu bisa mempersiapkan diri dengan perlengkapan ekstra.

9. Siapkan ‘amunisi’ terbaik

Layaknya sebuah perang, kamu juga harus mempersiapkan amunisi terbaik kamu untuk menghadapai ujian SBMPTN 2013. Siapkan pensil 2B lebih dari satu, penghapus yang bersih, penggaris khusus SBMPTN, peruncing / pengerut, klik penjepit, papan alas, pulpen, sapu tangan untuk menyeka keringat, dan air minum. Serta yang paling penting jangan lupa BAWA KARTU UJIAN!
Sekian dulu dari saya. Kalau ada temen-temen mahasiswa yang mau share pengalaman dan tips buat adek-adeknya bisa tambahin di kotak komentar di bawah.

3 komentar:

  1. Thankz atas info2 N saran2 yg telah di berikan'mudah2n ini bisa mmbawa saya pda kberhasilan nnti.y..AMIN...BY Putrhye.hasdin17@gmail.com or fb phupuoet koe zelaluw
    THANKZ FOR YOU

    BalasHapus