Ini Dia Bocoran Soal SBMPTN 2015


RANCAH POST – Panitia Penyelenggara SBMPTN 2015 ‘membocorkan’ sedikit info mengenai soal yang akan disodorkan saat tes. Menurut panitia akan ada 25% soal ujian yang mudah untuk dijawab peserta.
Rochmat Wahab selaku Ketua Umum SBMPTN 2015 mengatakan, materi dalam tes tertulis bagi peserta di 3 kelompok, yaitu ujian sains dan teknologi (saintek), ujian sosial dan humaniora (soshum) dan ujian campuran (saintek dan soshum), tentu saja akan berbeda. Namun, untuk 3 kelompok ujian itu akan ada beberapa soal yang mudah untuk dijawab.
Rochmat katakan, “Tingkat kemudahan soal sekira 25% dan tingkat kesulitan sekira 25%,” Minggu (07/06/2015).

Adapun 50% soal, kata Rochamt, merupakan soal SBMPTN yang tingkat kesulitannya menengah. meski demikian, peserta ujian diharapkan mengisi semua soal yang disajikan dengan benar sehingga mereka mampu lolos dan menjadi mahasiswa di PTN yang diminati.
Rochmat jelaskan, “Kami berharap tingkat kesulitan dan kemudahan soal SBMPTN menjadi penyemangat bagi peserta ujian untuk bisa menyelesaikan ujian. Minimal 90% mereka bisa menjawab semua soal.”
Ainun Naim selaku Sekjen Kemenristek Dikti mengatakan, tes SBMPTN tak selalu menghasilkan kelulusan yang memuaskan atau merugikan bagi peserta. Hasil SBMPTN, lanjut Ainun, tidak selalu menghasilkan 100% peserta lolos dan tidak mungkin hasil tes SBMPTN tidak bagus semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar