Lulus SNMPTN, Jangan Ikut SBMPTN 2013 !

JAKARTA - Okezone.com - Kesempatan alumni untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) masih terbuka. Alumni dapat mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Karena digelar usai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, SBMPTN juga dapat diikuti oleh para siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2013. Artinya, peserta SNMPTN pun memiliki kesempatan mengikuti ujian tulis dalam SBMPTN. 

Meski demikian, Ketua Umum Panitia Nasional SNMPTN 2013 Akhmaloka mengingatkan, peserta yang lulus SNMPTN tidak boleh mengikuti SBMPTN, kecuali melepaskan kelulusannya.

"Kalau ikut tes (SBMPTN), pilihan SNMPTN-nya didrop atau tidak diterima statusnya," kata Akhmaloka, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (5/2/2013).

SBMPTN sendiri merupakan hajatan bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Seleksi ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan alumni SMA dan sekolah sederajat untuk dapat menempuh studi di PTN. Pasalnya, tahun ini SNMPTN digelar hanya melalui jalur undangan dengan mempertimbangkan nilai rapor dan ujian nasional, dan khusus diperuntukkan bagi siswa SMA kelas XII.

Tidak semua PTN ikut serta dalam SBMPTN. Tahun ini, ada 62 PTN terlibat SBMPTN, termasuk IAIN Walisongo Semarang.  Peserta SBMPTN adalah lulusan SMA dan sekolah sederajat tahun 2011 dan 2012, serta mereka yang akan mengikuti UN tahun 2013. Selain itu, lulusan Paket C juga dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN.(rfa)

1 komentar: