Sekolah Diblacklist SNMPTN, Diperbolehkan Ikut SBMPTN

Sekolah Diblacklist SNMPTN, Diperbolehkan Ikut SBMPTN - Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rochmat Wahab mengatakan seluruh siswa yang sekolahnya diblacklist mengikuti SNMPTN bisa mengikuti SBMPTN dan SM.

SMBPTN adalah Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) sedangkan SM adalah Seleksi Mandiri. Panitia Pusat SNMPTN mem-blacklist sekolah yang terbukti curang mendongkrak nilai rapor siswanya.


Menurut Wahab, para siswa tersebut bisa mengikuti sesudah pengumuman SNMPTN pada 28 Mei nanti. 

"Para siswa yang sekolahnya tidak dapat ikut SNMPTN tetap diperbolehkan ikut SBMPTN dan SM sesudah pengumuman SNMPTN pada tanggal 28 Mei nanti," kata Rochmat ketika dihubungi Media Indonesia, Sabtu (2/2).

Ia menambahkan pelajar yang tidak lulus mengikuti SNMPTN tahun 2011-2012 diperbolehkan mengikuti SBMPTN dan SM 2013. 

Khusus SNMPTN, siswa mendaftar gratis. Namun peserta SBMPTN dan SM dipungut biaya. "Mereka dipungut biaya pendaftaran melalui bank. Nanti akan ada launching kedua jenis seleksi ini," cetusnya.

Lebih jauh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta itu meminta kepala sekolah jujur dalam mengisi data rapor siswa untuk SNMPTN 2013 di PDSS. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) adalah sistem yang diterapkan untuk sekolah memasukkan nilai rapor siswa saat proses seleksi SNMPTN.

"Public trust atau kepercayaan publik harus kita jaga sehingga yang salah dan curang diberi sanksi sosial. Ini penting bagi lembaga pendidikan sebagai bentuk pelajaran. Sekolah itu harus sadar. Kita juga sebenarnya sedih ada sekolah yang curang," pungkas Rochmat. (Syarief Oebaidillah/Nav)

2 komentar:

  1. Alhamdulillah
    msh ada kesempatan

    semoga lancar" aja nanti ikut sbmptn ya Allah,,,
    amieen,,,

    BalasHapus