Ini Jurusan Terfavorit 4 Universitas di Bandung

TEMPO.CO, Bandung - Program studi manajemen masih jadi pilihan favorit calon mahasiswa baru di sejumlah kampus negeri di Bandung. Di tiga dari empat kampus negeri yang memakai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, program studi manajemen bercokol pada lima pilihan favorit.

Di Universitas Padjadjaran (Unpad), menurut Wakil Rektor Engkus Kuswarno, fakultas dengan peminat terbanyak yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM). ”Jumlahnya berkisar 5.000-6.000 orang,” ujarnya, Kamis, 4 April 2013. Pada urutan kedua, Program Studi Manajemen di Fakultas Ekonomi, selanjutnya Akuntansi, yang kali ini menggeser jumlah pemilih Fakultas Kedokteran.

Unpad tahun ini total menerima mahasiswa S-1 baru sebanyak 6.018 orang. Jumlah yang diterima lewat jalur SNMPTN atau undangan siswa berprestasi berjumlah 3.733 orang, lewat jalur SBMPTN 2.095 orang, dan kelas internasional khusus mahasiswa asing 190 orang.

Di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), menurut Wakil Rektor Furqon, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jadi pilihan favorit teratas. “Rasio persaingannya 1:100,” ujarnya. Urutan program studi favorit peringkat dua hingga lima di UPI yaitu Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Manajemen.

UPI tahun ini menyediakan 6.957 kursi bagi mahasiswa baru. Penerimaan dari jalur SNMPTN mencapai 3.481 orang, SBMPTN 2.084 orang, dan seleksi mandiri 1.392 orang.

Sedangkan di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), menurut Wakil Rektor Afifuddin, program studi yang paling banyak diminati yaitu Teknik Informatika, Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen Psikologi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam. Total kuota 41 program studi UIN SGD tahun ini 4.400 orang.

Seleksinya, kata Afifuddin, dilakukan lewat lima jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPMB undangan dan tertulis yang digelar Kementerian Agama, serta jalur mandiri.

Adapun di ITB, menurut Wakil Rektor Kadarsah Suryadi, daya tampung mahasiswa S-1 baru berjumlah 3.560 orang. Sebanyak 2.136 diterima lewat jalur SNMPTN dan 1.424 orang hasil SBMPTN. Program studi yang masih jadi pilihan favorit yaitu Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Teknik Industri, serta Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. “Rata-rata daya saingnya 1:20,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar