Cerita masuk PTN, perjuangan mental dan finansial, hahah

By yanuar - UB , Semenjak SMP, gue memang sudah berniat untuk mengambil jurusan Matematika ketika kuliah, karena gue menyukai perlajaran tersebut teramat sangat, hehehe....,

Namun, ketika kelas 1 SMA, aku dan keluargaku pergi pulang kampung ke pelosok desa di Bogor. Disana, tanahnya kurang baik, karena tidak bisa ditanami sayuran, hanya bisa ditanami padi. Hal ini berimbas pada buruknya konsumsi gizi baik oleh masyarakat karena hanya mengandalkan nasi dan telur dan daging (hasil ternak). Sekalipun ada hanya bisa ditanami daun singkong, dsb. Uhhh, memprihatinkan. Ketika itu aku langsung berniat akan mengambil jurusan pertanian ketika kuliah nanti di IPB.


Namun ketika penjurusan kelas XI, ternyata gue masuk kelas IPS, oh MY god, I never though about that before, so ketika hari pertama gue masuk kelas, gue kaget kagak tau apa-apa. Karena pada dasarnya gue engga suka sama pelajaran IPS kecuali sosiologi, laennya NEHI baget gue belajar gituan.
Tapi, gue terpaksa belajar itu, karena permohonan masuk kelas IPA oleh kepsek ditolak, mau gimana lagi? Yaa terima nasib ajah deh.....

Akhirnya gue beralih jurus untuk mengambil jurusan akuntansi ketika kuliah nanti, satu hal yang memang engga kepikiran waktu dulu-dulu. Hahaha, but now, i was falling in love with accountance (*knp gue bilang -i was-, krn gue engga jadi, hehehe).....

Mulailah pencarian universitas. Mula-mula gue berasa buta.
Karena awalnya gue udah target buat masuk M-IPA UI (*Matematika) atao Teknik Pertanian IPB. Nah... sekarang gue masuk IPS, sedangkan gue kagak punya PLAN B dikarenakan gue -sangat yakin- akan masuk IPA, ternyata, hikshikshiks.....

Akhir semester 5 (Kelas 3 semester 1), gue ditawarin buat ikut PMDK UNS sama guru BK. Nah, nyokap sih dari dulu juga nyokap gue udah nyurug buat ikutan PMDK (*obsesi karena dulu nyokap dapet PMDK UNPAD, tp kagak jd diambil, wkwkwk).

Walhasil liburan semester 5 gue itu dihabiskan untuk mengurusi urusan administrasi PMDK, ngeprint ini, ngisi ini, beli ini, de el el..... ribet, but it would be worthed when u get it right?

Dengan modal rata-rata nilai raport dari semester 1 sampe 5 :
- Semester 1 : >80,50
- Semester 2 : >79,00
- Semester 3 : >81,50
- Semester 4 : >81,00
- Semester 5 : >83,00
Plus modal juara umum disekolah, hehehe......

Dengan PD-nya gue dan nyokap berkhayal tentang bagaimana kuliah di Surakarta, krn Surakarta adalah kota asing bagi keluarga gue, maklum semua rumah sodara gue yang paling jauh juga di Subang, Jawa Brat, hehehe......

Tapi, NAAS, semua siswa yang ikut PMDK UNS (Universitas Sbelas Maret) yang berjumlah 15 org tidak ada yang lolos, termasuk gue, WHAT????
Mungkin salah gue juga, dengan bodohnya gue milih ProDi Akuntansi yang peminatnya GILA-GILAAN, parah beud dah ....!!!! ckckckck

Perburuan berlanjut, rencananya gue mau ikut UM UNDIP, tapi bokap nyuruh gue ikut Test Masuk POLMAN ASTRA (Politeknik Manufaktur Astra) jurusan Manajemen Informatika, NAAS lagi, gue engga diterima, cuman sampe test wawancara doank, hufft,
Padahal gue udah bersusah payah buat lolos test tertulis mengalahkan beratur-ratus orang dan juga psikotes, ternyata itu semua sia-sia gara-gara wawancara nya ancur, (*males gue ngingetnya lagi....)

2X gagal belum menyurutkan langkah gue, selanjutnya gue mengikuti TEST SEJUTA UMAT, yaps, SIMAK UI, gue milih jurusan Admin.Fiskal sama Sastra Jerman. Dan lagi-lagi gue gagal.
Huhuhuh,,,, Malang nian nasib gue.....
Dari sekolah gue (*SMAN 103 Jakarta, red) yang diterima UI ada sekitar 15 orang, wahwahwah, iri bangeet gue.... Ckckckc......

Gue berasa orang terbodoh sedunia..... But i knew i couldnt give up now.....

Setelah test UI yang GATOT (*gagal total), gue daftar SPKS UTUL Unibraw (*Universitas Brawijaya). Gue langsung ajah daftar online tanpa minta persetujuan dari bonyok, dan pas bonyok gue kasih tau, mereka cuma geleng-geleng karena gue mao kuliah di MALANG, ckckckc..... Ohh yaa, gue ngambil Jur H.I ma Ilmu Politik.....

Gue juga dirayu ikut UTUL UGM, tapi..... GUE TELAT DAFTAR !!!! Ternyata banyak temen gue yang dapet disana, ada yang diterima di hukum, fisika, psikologi, arsitektur, de el el, wahwawhawah, for the second times i felt just like the most stupid boy in the world, how stupid i am!!!!!

Gue juga dapet info dari guru BK kalo ada test UM UNSOED, kali ini gue minta ijin nyokap, tapi malang banget, gue engga diijinin, karena menurut nyokap kurang menjanjikan,. Gue disuruh ikut JPPA-Kemitraan IM TELKOM, awalnya gue engga setuju karena menurut gue kemahalan.
Tapi setelah berdebat (*lebih tepatnya berantem sama bonyok 3 hari), gue terpaksa mengalah. Akhirnya gue daftar JPPA-Kemitraan TELKOM jurusan Akuntansi, Komputerisasi Akuntansi sama Admin.Niaga...........

Walhasil, dan finally, akhirnya gue diterima di UNBRAW Jurusan Hubungan Internasional dan TELKOM jur Akuntansi.
WAHWAHWAH, bingung bgt gue, tapi akhirnya gue dengan nekat ngambil H.I Unbraw, meskipun sekarang gue mulai ragu dengan prospek H.I, gue masih merasa BERJIWA AKUNTANSI, dan gue udah buletin tekad buat nyoba kuliah H.I selama 2 semester, bila tidak cocok, gue pindah aja deh ke FE Akuntansi Unbraw, hehehe........

Gue iri banget ngeliat temen-temen gue yang pada masuk ITS, UI, UGM, ITB, IPB, meski Unbraw juga kagak jelek-jelek amat, tapi dari segi prestise jelas jauh beda, uhhh, nyesel gue tau PMDK IPB nya telat, udah seminggu ditutup baru tau, ckckckck......

Meskipun gue gagal 3x, pada kenyataannya masih banyak banget anak-anak dinegeri kita ini yang bernasib sama atau bahkan lebih buruk dari gue.
Menurut cerita guru PM disekolah gue dulu, anaknya guru Fisika gue harus gagal 7x test masuk PT, setelahnya baru bisa masuk UNJ (*Universitas Negeri Jakarta) lewat jalur PENMABA UNJ.

Jadi buat temen-temen yang senasib sepenanggungan, JANGAN MENYERAH, coz kalo baru gitu ajah udah nyerah, gimana mau bisa berhasil dimasa yang akan datang, pastinya cobaan akan lebih keras lagi, wahwahwah, benar banget kata Wakepsek sekolah gue, kalo keberhasilan itu 80% ditentukan oleh SQ dan EQ (*Spiritual n Emotional) dan sisanya baru IQ (*Intellegence). Jadi kalo baru DIGOYANG DIKIT ajah udah nyerah da nangis2, wah.... kelaut ajah deh lo.....
KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA, nyatanya sebuah pameo yang masih gue pegang erat sampe sekarang, WISH U ALL THE BEST GUYS!!!

1 komentar:

  1. Oh iya ka saya mau nanya tentang UB, bingung mau hubungin ke mana, ini twitter saya: @vika_raf

    BalasHapus