Mengenal Jurusan Perkuliahan

Di tulisan ini saya bermaksud untuk sharing tentang istilah2 yang mungkin belum dikenal oleh para lulusan SMA/SMK yang baru lulus dan berniat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Semoga apa yang saya tulis di artikel ini dapat sedikit membantu para calon mahasiswa baru untuk dapat lebih mengenal jurusan yang akan dipilihnya. Di sini saya tidak akan membahas tentang passing grade atau hal teknis sejenisnya.


Istilah pertama yang saya pikir penting adalah Silabus. Beberapa kampus sudah tidak lagi menggunakan istilah ini secara eksplisit. Kampus saya sendiri sudah mulai menggunakan istilah baru yang lebih mudah dimengerti, yaitu Buku Panduan Mahasiswa. Buku ini berisi segala hal yang terkait dengan Kurikulum Pendidikan (Akademik). Sepanjang perkuliahan, mahasiswa akan merujuk pada buku ini, terutama untuk menentukan Matakuliah berdasarkan Kredit Pendidikan yang sering disebut satuan kredit semester (sks). Besarnya kredit yang dapat ditempuh tiap semester bergantung pada Indeks Prestasi (IP) pada semester sebelumnya, istilah ini bisa dianalogikan dengan Nilai Raport sebelumnya. Beberapa Universitas menyediakan versi online dari Buku Panduan ini, sehingga Anda dapat mengaksesnya menggunakan internet.

Hal yang akan membantu Anda adalah informasi tentang Matakuliah apa saja yang ada di suatu jurusan. Daftar Matakuliah juga otomatis terdapat di dalam Buku Panduan tersebut. Kamu tidak perlu mengerti keseluruhan Matakuliah yang ditawarkan, sebab nantinya kamu2 tidak akan mengambil semua Matakuliah tersebut melainkan memilih beberapa yang termasuk Matakuliah Pilihan, dan mengambil semua Matakuliah Wajib.

Mungkin metode saya ini sedikit membingungkan, tetapi semoga ini bisa membantu, khususnya untuk memilih dua jurusan di fakultas yang sama. Sebut saja antara Teknik Sipil dan Teknik Pengairan, atau antara Administrasi Bisnis dan Administrasi Negara. Pada intinya, cara saya adalah kenali benar Matakuliah yang ada di satu jurusan, dan kemudian bandingkan dengan jurusan lainnya. Jadikan Matakuliah2 tersebut sebagai parameter, apa2 saja MK yang menarik. Catat dan hitung berapa jumlah MK yang menurutmu menarik.

Tips lainnya, saat mencari di Google, dahulukan membuka hasil pencarian yang bertipe PDF. Atau cari dengan tambahan kata kunci filetype:PDF. Tipe file ini biasanya harus dibuka menggunakan program PDF Reader. Biasanya dokumen dalam tipe ini merupakan dokumen resmi dan lebih mudah dibaca isinya.

Saat saya lulus SMA, konten dan pemanfaatan internet masih sangat minim, sehingga belum banyak cara untuk mengenal seluk-beluk PT. Maka menurut saya merugilah mereka yang dengan banyaknya informasi di internet saat ini, belakangan merasa Salah Pilih Jurusan. Semoga ini tidak terjadi pada kawan2 sekalian.

Semoga bermanfaat, dan sukses di bangku kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar