Mengenal Jurusan Teknik Sipil

TEKNIK SIPIL


Dunia tidak pernah berhenti membangun, selama pola pikir manusia berkembang, IPTEK terus menerus meningkat. Maka pembangunan akan terus berjalan. contohnya Dubai yang dulunya kota yang kotor, sekarang berubah menjadi kota Mentropolis di Asia. itu semua karena pembangunan yang begitu pesat di sana.




Teknik Sipil, sebuah jurusan yang ruang lingkup ilmunya mengenai Pembangunan. mempelajari semua bentuk pembangunan mulai dari perencanaan pembangunan, hingga bangunan tersebut berdiri megah. Namun banyak kalangan masyarakat yang belum mengerti mengenai lingkup Teknik Sipil ini dan prospek di Teknik Sipil. kebanyakan berpendapat seperti ini "Masuk Teknik Sipil ??, mau jadi tukang bangunan", atau yang lebih parah, "Masuk Teknik Sipil ??? Nanti kerjanya di pencatatan sipil donk".

ada beberapa pengertian Teknik Sipil yang saya kutip dari buku, dan penyampaian beberapa Dosen.

1. Teknik Sipil adalah sebuah ilmu Fisika Terapan, yang mempelajari segala lingkup pembangunan, mulai dari perencanaan, bahan, perhitungan hingga bentuk bangunan itu sendiri. "Dosen T.Sipil Undip"

2. Teknik Sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputermempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar "id.Wikipedia.org"

3. Sederhananya, Teknik Sipil Mempelajari semua yang DITANCAPKAN ke Tanah "(L2A009103), Mahasiswa T.Sipil Undip"

Setelah kita mengetahui apa itu Teknik Sipil. sekarang kita juga harus tahu untuk apa jurusan Teknik Sipil ini di dirikan, Kompetensi apa yang diharapkan dari lulusan Teknik Sipil ini nantinya :
1. Mampu merencanakan dan merancang bangunan teknik sipil secara kompehensif yang meliputi struktur bangunan, analisis biaya sampai dengan siap dilaksanakan di lapangan
2. Mampu melaksanakan dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan konstruksi teknik sipil.
3. Mampu menganalisa dan menyelesaikan permasalahan teknik sipil dengan pertimbangan aspek teknik, sosial, ekonomi, dan lingkungan
4. Mampu bekeja sama dan menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam melaksanakan profesi ketekniksipilan

Setelah itu kita harus tahu, apa sih Prospek di dunia kerja buat lulusan Teknik Sipil ini ?? :
1. Dosen Jurusan Teknik Sipil 
2. Kontraktor 
3. Sebagai perencana dalam bidang pertambangan (Teknik Sipil Bidang Geoteknik)
4. Sebagai konsultan bangunan
5. Bekerjasama dengan Arsitek, bahkan bisa juga menjadi Arsitek.
6. Dinas Pekerjaan Umum (PU)
7. Dinas Perhubungan
8. Pilihan terakhir Pegawai Bank.

Begitulah segala lingkup di Jurusan Teknik Sipil, mulai dari pengertian, lingkup ilmu, kompetensi dan Prospek kerja sudah terjabarkan. Mudah-mudahan dapat menjadi refrensi bagi teman-teman yang berminat di bidang pembangunan, dan dapat menjadi jawaban bagi kalangan yang meragukannya selama ini

1 komentar: