Peserta SBMPTN Pasti Capai Target!

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 memasuki hari kelima. Hingga kemarin sore pukul 15.00 WIB, jumlah pendaftar SBMPTN 2013 baru sekira 66 ribu.

"Pendaftaran SBMPTN jalan dengan baik. Sampai kemarin sore pukul 15.00 sudah 66 ribu peserta yang mengambil PIN atau membayar di Bank Mandiri," kata Ketua Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka, ketika berbincang dengan Okezone, Jumat (17/5/2013).

Namun, dari jumlah tersebut, baru sekira 30-40 ribu yang melakukan pendaftaran. Akhmaloka menilai hal itu sebagai sesuatu yang wajar mengingat pendaftaran masih dibuka hingga 7 Juni mendatang.

Dari jumlah tersebut, Akhmaloka optimistis dapat mencapai target SMBPTN yang telah ditetapkan, yakni 600-700 ribu peserta. Sebab, penerimaan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) masih menyisakan banyak peserta.

"Optimistis bisa capai target 600 ribu, bahkan lebih. Karena peserta SNMPTN sekira 780 ribu sementara yang diterima hanya 140 ribu. Masih ada 600 ribu yang belum tertampung. Apalagi lewat SBMPTN lulusan 2011 dan 2012 boleh ikut sedangkan SNMPTN tidak," jelas Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Oleh karena itu, lanjutnya, hingga saat ini belum dapat diketahui program studi (prodi) maupun kampus favorit pilihan para peserta. "Masih dini, belum ada statistiknya karena belum kami evaluasi," tutur Akhmaloka.

Pendapat senada turut disampaikan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Triyogi Yuwono. Dia menyebut, masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan karena ini masih awal pendaftaran.

"Pendaftar awal-awal masih anak lulusan 2011 dan 2012. Jadi masih belum bisa dijadikan ukuran," ungkap Triyogi. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar