SBMPTN Sepi Peminat

Sudirman, Padek—Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 yang telah dibuka sejak 13 Mei lalu hingga 7 Juni mendatang, masih sepi pemi­nat. Ini diduga karena calon mahasiswa (cama) masih menunggu pengumuman Se­lek­si Nasional Masuk Pergu­ruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 28 Mei mendatang.

Pantauan Padang Ekspres ke­ma­rin (14/5), hanya tampak belasan calon mahasiswa yang melakukan pembayaran pendaftaran SBMPTN di Bank Mandiri Jalan Sudirman selama dua jam.


“Saya mendaftar di awal karena tinggal ini kesempatan saya lagi. Kalau tamatan 2013, masih ada SNMPTN,” kata Liza, alumni SMA Adabiah lulusan tahun 2012, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dia berharap bisa lulus di per­guruan tinggi negeri (PTN) ta­hun ini. “Jika tidak, pupus­lah ke­inginan kuliah di PTN,” ujarnya.

Dia menduga masih sepi­nya pendaftaran karena masih menunggu hasil SNMPTN pada 28 Mei. Jika telah dipas­ti­kan tak lulus SNMPTN, ma­ka akan beralih ke jalur SBMPTN.

Rahmi, siswi SMKN 3 Pa­dang me­nga­ku masih menunggu dulu hasil UN dan SNMPTN.

Sebelum UN, dia mendaftar jalur SNMPTN melalui sekolah. “Infor­masi­nya pengumuman UN dilakukan pada 24 Mei, setelah itu baru pengu­muman SNMPTN, 28 Mei. Jika me­mang tidak lulus SNMPTN maka baru mendaftar jalur SBMPTN,” ujarnya.

Panitia SBMPTN UNP dan Unand, Agus Irianto mengakui calon mahasiswa akan me­nung­gu hasil SNMPTN terle­bih dahulu. Kecuali tamatan tahun 2012 dan 2011, maka akan memilih SBMPTN dan jalur mandiri. “Ini telah dipre­diksi sejak awal. Apalagi, ren­tang waktu pendaftaran pun cukup panjang, paling lambat 7 Juni mendatang,” ujar Agus Irianto.

Agus mengatakan, biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek) atau sosial humaniora (so­shum) Rp 175.000. Sedangkan kelompok ujian campuran Rp 200.000. Selain itu, biaya seleksi untuk ujian keteram­pilan Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan. Biaya se­lek­si dibayarkan ke Bank Man­diri.

“Jika suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kan­tor Pos setempat atau ATM Bersama,” ucap Pembantu Rektor I UNP ini.

Untuk jalur SBMPTN dila­kukan dengan ujian tulisan. Bedanya, pada jalur ini siswa tamatan tahun 2011 dan 2012 masih bisa mengikuti ujian masuk PTN. Sedangkan jalur mandiri PTN, siswa hanya bisa memilih PTN yang ada di dae­rah mereka.

“Siswa yang kurang mam­pu di bidang akademik tidak perlu khawatir. Jalur SBMPTN dan Mandiri PTN memberikan kesempatan bagi siswa secara umum. Maksudnya kesem­pa­tan nilai siswa yang rendah tetap bisa diterima,” ujarnya. (ek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar