15 Maret, SBMPTN Resmi Dibuka

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai 15 Maret mendatang, akan mulai membuka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 melalui ujian tertulis dan/atau uji ketrampilan secara serentak di 62 PTN.

Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto mengatakan, Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang boleh mengikuti adalah lulusan SMA dan SLTA tahun 2013, 2012, dan 2011.


Mengenai daya tampung masing-masing perguruan tinggi, menurut Bambang, masih dalam pembahasan. Jumlahnya, tergantung dari rasio dosen dan mahasiswa, kapasitas ruang kelas dan lain sebagainya.

“Harapan Pak Menteri daya tampung PT melalui jalur apapun seleksinya naik 10 persen,” kata Bambang.

Bambang menyebutkan, ada tiga pola penerimaan masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Bagi PTN yang hanya menyelenggarakan dua pola yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja, komposisi rata-rata nasional penerimaannya 60:40.

Adapun bagi PTN yang menyelenggarakan tiga pola sekaligus, lanjut Bambang, porsinya 50:30:20. “ITB dan UNPAD sejak tahun lalu tidak menyelenggarakan lagi seleksi mandiri,” kata Humas Panitia SNMPTN itu.

2 komentar: